'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
DONASI AIR BERSIH DIDESA GUNUNG SARI KECAMATAN PULOSARI
12 Oktober 2019 20:38 WIB | dibaca 242

                     Pemalang, 12 Oktober 2019. Kabupaten Pemalang merupakan salah satu dari 35 daerah yang ada di Jawa Tengah yang terletak di daerah Pantura, kabupaten Pemalang memiliki 13 Kecamatan yang tersebar diseluruh Kabupaten Pemalang, 13 kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan : Ampelgading, Comal, Ulujami, Petarukan, Taman, Pemalang, Randudongkal, Bantarbolang, Boeh, Belik, Moga , Watukumumpul dan Kecamatan Pulosari. Selama musim kemarau yang sudah berlangsung selama 5 bulan sejak bulan sejak bulan Mei samapi dengan bulan Oktober 2019, Dikabupaten Pemalang ada 3 kecamatan yang terkena dampak kekeringan diantaranya kecamatan Bodeh sebanyak 2 Desa, Kecamatan Bantarbolang sebanyak 2 Desa, Kecamatan belik sebanyak 3 Desa  dan Kecamatan Pulosari sebanyak 10 Desa. Dampak kekeringan yang berkepanjangan ini mendorong kita sebagai kader Muhammadiyah untuk saling berbagi kebersamaan dengan memberikan bantuan Air Bersih.

                    Pimpinan Daerah Kabupaten Pemalang sangat peduli dengan dampak kekeringan yang terjadi di Kabupaten Pemalang, oleh karena itu melalui Lazizmu PDM Kabupaten Pemalang semua ortom bersatu untuk mengatasi masalah dampak kekeringan yang terjadi di Kabupaten Pemalang. Pada hari Jum'at  tanggal 13 September 2019 di Kantor Lazizmu PDM Kabupaten Pemalang dibentuk kepanitiaan Donasi Air Bersih dengan menghasilkan keputusan selaku Ketua Bapak Nurrohman dari Kwarda GKHW, Sekretaris Suhendrik dari Lazizmu Kabupaten Pemalang dan Bendahara Ibu Winarsih,S.Pd dari PDNA Kabupaten Pemalang serta dibantu dengan personil dari ortom yang lain. Pemberian dononasi bantuan air bersih kuntuk daerah terkena dampak bencana kekeringan ditargetkan sebanyak 50 tangki, dengan harga per tangki air bersih sebesar @ Rp. 250.000 , adapaun total anggaran untuk alokasi donasi air bersih sebesar Rp. 12.500.000 belum termasuk biaya operasional, sampai dengan tanggal 12 Oktober 2019 sudah terkumpul dana sebesar Rp. 16.593.000 yang berasal dari donasi kader Muhammadiyah, ortom dan warga masyarakat.

                  Masyarakat kecamatan Pulosari, Bodeh, Belik dan Bantarbolang yang terkena dampak kekeringan yang berkempanjangan ini sudah terbiasa dengan kondisi alam seperti ini, warga masyarakat yang terkena dampak kekeringan ini keseharian untuk mendapatkan air bersih semata-mata hanya mengandalkan dengan air hujan., sementara seperti sumur, bor, sanyo walaupun di gali dengan kedalaman yang cukup jauh kana tetapi tetap bisa mengeluarkan air bersih, sehingga warga masyarakat mutlak mendapatkan air bersih hanya dari Air Hujan. Pemberian air bersih dari Lazizmu PDM Kabupaten Pemalang ke daerah-daerah yang terkena dampak kekeringan dilakukan secara bertahap yang mana sampai detik ini sduah dilakukan Droppoing air sebanyak 38 tangki . Pentahapan pemberian bantuan air bersih ini dengan melakukan kerjasama pembelian air bersih dengan pihak pemerintah kabupaten Pemalang yang dalam hal ini ditangani oleh Pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Kabupaten Pemalang . Upaya pemberian air bersih yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Pemalang dilakuan selama 5 bulan semaoi dengan awal November 2019 yang diperkirakan sudah masuk musim hujan. Pemerintah Kabupaten Pemalang sangat peduli sekali dengan dampak kekeringan yang berkepanjangan ini , hal ini terbukti dengan pemberian donasi air bersih ke daerah yan terkena dampak kekeringan sudah dilakukan Droping air bersih sebanyak 900 tangki, yang berasal dari 700 tangki darai Pemda Kabupaten Pemalang dan 200 tangki dari para CSR yang sudah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

                   Lazizmu  Kabupaten Pemalang bergerak bersama ortom diantaranya Nasyiatul Aisyiyah, Kwarda GKHW, PDPM, PDIPM, Tapak Suci Muhamamdiyah, Aisyiyah, dan MDMC ikut andil dalam  Pemberian bantuan bantuan air bersih sebanyak 50 tangki untuk daerah terkena dampak kekeringan dilakukan secara bertahap,Tahap pertama yang dilaksanakan pada tanggal 28 September 2019 dilakukan sebanyak 6 tangki, tahap ke-2 sebanyak 2 tangki, tahap ke-3 sebanyak 10 tangki, tahap ke-4 sebanyak 10 tangki dan pada tahap ke- 5 sebanyak 10 tangki dan terakhir Tahap ke-6 direncanakan pada hari Rabu tanggal 16 Oktober 2019 sebanyak 12 tangki sehingga total 50 tangki.Walaupun musim hujan kemarin  sudah turun didaerah terkenah dampak kekeringan ini, tetapi masih dengan intensitas yang sangat rendah, dan wargapun belum bisa memanfaatkan air hujan sebagai sumber untuk memnuhi kebutuhan air bersih, hal ini dikarenakan musim hujan yang baru-baru ini masih terlihat masih kotor untuk dikonsumsi karena masih tercampur dengan kotoran yang menempel di genting sehingga warga masyarakat belum bisa memanfaatkan air hujan. Dalam pemberian donasi air bersih ini BPDB Kabupatan Pemalang bersama Lazizmu Kabupaten Pemalang mengambil sumber mata air yang tidak pernah kering dengan mengambil sumber mata air di Daerah Karang Sari Kecamatan Moga dan Desa Kuta Kecamatan Belik.

                  Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Pemalang melalui LLHPB dibawah pimpinan Ibu Hj. Nokning ikut serta dalam aksi bersama dalam pemberian Donasi air bersih untuk daerah yang terkena dampak kekeringan yang berkepanjangan ini, dengan ikut serta memberian donasi dari kader-kader aisyiyah  diantaranya dari PDA Kabupaten Pemalang memberikan bantuan sebanyak 3 tangki, dari PCA Moga sebanyak 7 tangki dan dari  Pimpinan Cabang Aisyiyah Kecamtan Pemalang sebanyak 3 tangki. Kegiatan droping air ke-5 yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2019 , dengan Droping air bersih sebanyak 10 tangki untuk wilayah Desa Gunung Sari dan Desa Siremeng yang terletak di Kecamatan Pu;osari sebanyak 8 Tangki dan Kecamatan Bantarbolang di dukuh suwug Desa Kuta sebanyak 2 tangki.Kegiatan droping ar bersih yang dilakukan mulai jam 07.00 - 17.30 WIB yang diikuti dariunsur pendamping diantaranya dari Pimpinan Cabang Aisyiyah Kecamatan Pemalang diwakili oleh Ibu Siti Sundari, S,Pd.M.Pd.Kons, Ibu Hj. Ani Purwaning Rahayu, S.Pd dan Ibu Maftuhah Sahlan, sementara dari unusr Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Pemalang diwakili ibu Winarsih, S.Pd , dari unsur Lazizmu Kabupaten Pemalang Bapak Mukhlisin, S.P , dari unsur Kwarda GKHW diwakili oleh Bapak Budi,S.Pd , dari unsur PDM Kabupaten Pemalang diwakili oleh Bapak Hasan dan dari unsur MDMC Kabupaten Pemalang diwakili oleh Bapak Agung dan Bapak Agus. Semoga aksi bersama yang dilakukan oleh segenap ortom Muhammadiyah Kabupaten Pemalang menjadi satu gerakan peduli terhadap bencana yang melanda ditengah-tengah masyarakat khusunya di Kabupaten Pemalang dan harapanya kegiatan ini akan berjalan secara rutin disetiap tahunnya  dengan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pemalang dibawah koordinator lapangan ibu Tri yang selau setia mendampingi Bencana yang ada di Kabupaten Pemalang, dan semoga bentuk kegiatan yang dilakukan oleh kader-kader Muhammadiyah ini dapat dicatat sebagai amal jariyah. ( Red. : Winarsih, S.Pd)

Shared Post: