'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
ISTIGHFAR PEMBUKA SOLUSI BAGI SETIAP KESULITAN
11 Januari 2020 15:50 WIB | dibaca 128
Renungan Hari Ini
 
ISTIGHFAR PEMBUKA SOLUSI BAGI SETIAP KESULITAN
 
Rasulullah Saw. bersabda :
 
مَن أَكْثَرَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجاً، وَمِنْ كُلِّ ضَيْقٍ مَخْرَجاً، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ
 
 "Barangsiapa memperbanyak istighfar, niscaya Allâh merubah setiap kesedihannya menjadi kegembiraan; Allah Azza wa Jalla memberikan solusi dari setiap kesempitannya (kesulitannya), dan Allâh anugerahkan rizki dari jalur yang tiada disangka-sangka."
 (HR. Ahmad dan al-Hakim)
 
☪ Hadits diatas menjelaskan bahwa apapun kesulitan kita, apapun kesedihan yang kita rasakan, apapun kegundahan yang merasuki kita, maka solusinya adalah memperbanyak istighfâr. Bahkan Allah Swt. akan menganugerahi rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka.
 
 2. Begitu hebat manfaat istighfar, serta begitu besar dan luas pengaruhnya dalam kehidupan manusia, maka tampak bagi kita, bahwa tidak seorang pun yang tidak membutuhkan istighfâr, bahkan Rasûlullâh Saw  yang mulia setiap harinya beristighfâr 70 kali.
 
Rasulullah Saw. bersabda :
  "Demi Allâh, sesungguhnya aku beristighfâr dan bertaubat kepada Allâh lebih dari 70 kali dalam sehari.”
 (HR. Bukhâri, no. 6307)
 
 ☪ Imam al-Qusyairi mengatakan di dalam tafsirnya :  
 "Sesungguhnya istighfar adalah mengetuk pintu-pintu nikmat.  Barangsiapa yang di dalam dirinya terdapat rasa butuh kepada Allah, maka dirinya tidak akan bisa sampai kepada-Nya, kecuali dengan mengajukan istighfar sebagai pembukanya.”
 
 ☪ Ibnu Katsir di dalam tafsirnya mengatakan : 
  "Nabi Hud As. memerintahkan kaumnya untuk beristighfar (memohon ampunan kepada Allah) agar dosa mereka dihapus Allah dan permintaan ampun mereka diterima di sisi-Nya. Barangsiapa memiliki sifat pemohon ampun’  (al-mustaghfir), maka Allah Swt. akan memudahkan rezeki untuknya, melancarkan urusannya, dan menjaganya.”
 
 ☪ Marilah kita  perbanyak istighfar, serta kita tunggu buahnya. Jika buahnya belum terlihat juga, perbanyaklah terus istighfar dan jangan pernah berputus asa !
 Semoga Allah Swt. senantiasa membuka pintu solusi bagi kita.
 
Allahumma Aamiin
 
SEMOGA MANFAAT
 
Sumber :
1. hidayatullah.com
2. muslim.or.id
3. almanhaj.or.id
 
@10-Januari-2020_*
Shared Post: