'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Lomba GOW 8 Agustus 2019
08 Agustus 2019 23:41 WIB | dibaca 192

Daur ulang adalah proses untuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca.

Plastik terbuat dari bahan kimia yaitu polimer. Plastik pada saat sekarang banyak digunakan untuk mengangkut belanja dan barang – barang dalam berat yang masih bisa di jinjing oleh tangan. Hampir di semua toko menyediakan plastik untuk membantu para langganannya untuk membawa barang – barang belanjaan.

Namun ada yang kurang dari plastik, disamping manfaatnya yaitu plastik yang sudah tidak digunakan atau di buang yang biasa disebut dengan sampah plastik tidak bisa terurai dengan begitu saja di tanah. Dan saat di bakar pun plastik yang mengandung zat kimia ini akan melepaskan zatnya dan merusak lingkungan sekitar.

Kandungan plastik

Plastik mengandung berbagai bahan kimia yang tidak baik bagi kesehatan dan juga kebersihan lingkungan. Kandungan yang terdapat di dalam plastik adalah karsinogen yang mengandung racun yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti tumor, endokrin dan genital.

Ada salah satu cara yang dapat meminimalisir dari dampak negatif yang timbul dari penggunaan plastik yang berlebihan yaitu dengan daur ulang. Sekarang sudah banyak komunitas komunitas yang di dirikan yang bertujuan untuk melakukan daur ulang pada palstik untuk di jadikan nilai yang dapat di jual dari sampah plastik yang sebelumnya tidak bernilai di masyarakat.

Berikut ini di jelaskan manfaat sampah plastik bagi kehidupan sehari – hari :

1. Pupuk organik

Manfaat pertama dari sampah plastik adalah sebagai pupuk organik. Plastik yang tidak digunakan lagi dapat di kubur dan dicampur dengan tanah yang mengandung banyak unsur hara. Pupuk organik dapat di berikan untuk menyuburkan tanaman – tanaman agar dapat berkembang biak dengan subur.

2. Pakan ternak

Pakan ternak atau makanan untuk ternak juga setengahnya di dapat dari sampah plastik yang sebelumnya sudah di daur ulang. Banyaknya manfaat dari sampah plastik ini menjadikan kita tidak ragu untuk mengolah bahan ini menjadi lebih baik. Dan penyebaran dari pakan ternak ini memberikan keuntungan jika kita produksi lebih banyak maka dapat kita jual kepada orang yang membutuhkan pakan ternak.

3. Kerajinan

Pernah anda melihat kerajinan tangan yang indah dan memukau banyak mata namun berasal dari sampah plastik. Salah satu kerajinan yang indah itu juga mampu menarik perhatian sebagai produk yang di ekspor keluar untuk di jual dan laku besar besaran disana. Jika itu terjadi bisa di bayangkan siapa yang akan memiliki banyak keuntungan yang di berikan. Tentu pencipta kerajinan yang indah ini yang beruntung.

4. Wadah lain

Manfaat dari sampah plastik yang lain adalah sebagai wadah lain. Wadah lain disini berarti di manfaatkan sebagai tempat untuk melukis ataupun mengambar. Jika selama ini banyak yang melukis diatas kertas dan kanvas maka melukis di atas plastik memberikan kesan yang bernilai dan unik sehingga menimbulkan keunikan yang menjadi salah satu daya tariknya sebagai wadah lain yang dimanfaatkan dalam menambah penghasilan.

 

Yang harus kita lakukan pertama sebelum mendaur ulang sampah plastik ini, tentunya dengan memisahkan antara sampah plastik ini dengan sampah jenis lain. Tujuannya adalah agar kita lebih mudah memanfaatkan sampah plastik untuk menjadi suatu karya seni yang bernilai atau barang bermanfaat lainnya. Pastikan anda memiliki tong sampah yang cukup untuk memisahkan kedua jenis sampah ini, agar tidak menimbulkan bau menyengat pada sampah non plastik, maka anda harus memiliki tong sampah yang tertutup.

Lomba pemanfaatan limbah plastik dalam merangkai bunga yang diselenggarakan oleh Gabungan organisasi wanita (GOW) Kabupten Pemalang

Tanggal 8 Agustus 2019 yang diwakili oleh Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah,diantaranya adalah :

1. Ibu Siti Sundari, M.Pd, Kons

2. Mbak Salimatul asfaria, dan

3. Mbak Nana

Hasil karya,tepat waktu sesuai durasi yang diberikan

Juara lomba membuat & merangkai bunga dr limbah plastik.
 
Juara 1 Kerta PWRI
Juara 2 PERIP
Juara 3 PGRI
Juara harapan 1 DPD Al hidayah.
Juara harapan 2 Bhayangkari.
Juara harapan 3 LPK CKA
 
Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah belum bisa memperoleh juara.
Semoga dilain kesempatan akan mempersembahkan yang lebih baik lagi.
 
Sumber berita
1. Ibu sundari
2. Ibu Alfiyah
3. Mbak Winarsih
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari