'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
PRA PURWOSARI MENYELENGGARAKAN KEGIATAN SANTUNAN ANAK YATIM BERUPA UANG DAN SEMBAKO
27 September 2019 21:16 WIB | dibaca 250

Santunan Anak Yatim, Beramal dengan Berbagi Rezeki

Alhamdulillah
Hari Jumat, 27 September dimulai pkl 14.00,
bertempat di kediaman Ibu  Endang Winarti,  PRA Purwosari Comal telah menyelenggarakan Santunan Anak Yatim.
Jumlah anak yang disantuni sekitar 70 anak .
Mereka mendapatkan sejumlah uang dan sembako.
 
 
 
 
 

Siapakah yang disebut sebagai anak yatim?

Anak yatim adalah mereka yang tidak lagi memiliki ayah karena wafat. Seseorang yang menyantuni anak yatim akan mendapatkan keutamaan dan pahala yang besar.
 

Memberikan santunan anak yatim sering menjadi pilihan masyarakat dalam berbagi rezeki kepada sesama. Hadis Nabi Muhammad SAW. pun menganjurkan demikian, sebab keutamaan dan pahala seseorang yang membantu anak yatim begitu besar. Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari itu mengandung keutamaan berikut.

  • Mereka yang menyantuni anak yatim akan memperoleh kedudukan tinggi di surga, dekat dengan Allah SWT.
  • Menanggung anak yatim berarti memperhatikan dan mengurusi semua kebuuhan hidupnya, mulai dari kebutuhan sandang, makanan dan minuman, hingga pendidikan secara Islam.
  • Keutamaan dari hadis ini sahih pada mereka yang memberikan santunan dari harta pribadi, baik berhubungan keluarga dengannya maupun tidak ada hubungan keluarga sama sekali.

Satu hal yang perlu diingat adalah begitu si anak mencapai usia balig, maka sebutan anak yatim sudah tidak berlaku lagi. Meskipun demikian, berbagai pendapat ulama menyatakan, sekalipun anak yatim ini sudah balig, tetapi pikirannya belum cukup matang dan belum mampu mengelola harta secara benar, maka tangguhkan lebih dulu penyerahan harta miliknya (yang mungkin diwariskan atau diberikan pada si anak) hingga ia mencapai usia 25 tahun.

Sumber berita

Winarti Endang-MEK

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari